Selasa, 27 Maret 2012

Ilmu Budaya Dasar

·         Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya dasar ialah ilmu pengetahuan dasar yang mempelajari tentang nilai-nilai serta konsep akan kebudayaan. Istilah IBD (Ilmu Budaya Dasar) yang digunakan diindonesia untuk menggantikan Istilah Basic Humanitics yang berasal dari bahasa inggris yaitu “The Humanities”. Sebenarnya, Humanities tersebut awalnya berasal dari bahasa latin “Humanus” yang berarti manusia yang berbudaya halus. Dengan adanya pengetahuan The Humanitics ini bisa dibayangkan sebagai seseorang yang mempelajari ilmu tersebut, akan lebih bersifat manusiawi, dan berbudaya halus. Hal hal yang berkaitan dengan The humanitics seperti masalah nilai nilai manusia dapat diartikan sebagai nilai nilai manusia sebagai homo humanus ( manusia yang berbudaya ). Bila manusia ingin bisa bersifat lebih humanus lagi  manusia harus mempelajari ilmu the humanitics itu sendiri akan tetapi mereka juga tidak boleh meninggalkan tanggung jawab sebagai manusia itu sendiri.
Ilmu budaya dasar yang dalam bahasa inggrisnya Basic Humanitics tidak bisa disamakan dengan pengetahuan budaya yang dari bahasa inggrisnya The Humanities. Jika pengetahuan budaya membahas tentang nilai nilai manusia sebagai homo humanus atau makhluk yang berbudaya, maka ilmbu budaya dasar membahas tentang pengetahuan umum akan konsep konsep antara manusia dan budaya.
·        
    Tujuan Ilmu Budaya dasar
1.     
       1.  Mengembangkan sikap kepekaan Mahasiswa terhadap lingkungan budayanya, meningkatkan pula     kemampuan Mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
2.      2.  Membimbing Mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan ahli dalam bidangnya masing masing agar tidak terjerumus dengan sifat sifat yang kedaerahan
3.     3.   Mempererat hubungan dan komunikasi antar akademisi agar mereka bisa saling berdialog dan lancar dalam berkomunikasi

0 komentar:

Poskan Komentar