Kamis, 13 Juni 2013

Jenis-Jenis dan Proses Komunikasi

Jenis-Jenis Komunikasi
Komunikasi bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu komunikasi Verbal (melalui kata kata) dan Komunikasi non-verbal (melalui bahasa tubuh). Namun bila dilihat di sisi subjek bisa dibagi menjadi Komunikasi Intra Pesona dan Antar Pesona.

A. Komunikasi Verbal
     Komunikasi Verbal memiliki beberapa aspek sebagai berikut :
   
  • Pembendaharaan kata
  • Kecepatan
  • Intonasi/ tekanan suara
  • Humor 
  • Singkat dan Jelas
  • Waktu yang tepat (timing)
B. Komunikasi non-verbal
     Komunikasi non-verbal memiliki aspek sebagai berikut :

  • Ekspresi Wajah
  • Kontak Mata
  • Sentuhan
  • Postur Tubuh dan Gaya Berjalan
  • Suara
  • Gerak Isyarat
C. Komunikasi Intra Pesona
    
     Komunikasi Intra Pesona adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri seseorang yang meliputi proses psikologis dirinya seperti persepsi, belajar sosial dan sebagainya. Menurut Laswell faktor faktor yang menentukan bagaimana lingkup frame of reference seseorang adalah:
- Attention (Bidang Perhatian)
- Public Area (Masyarakat Khalayak)
- Sentimen Area (Bidang Perasaan)

Ketiga bidang tersebut akan menentukan bagaimana hubungan dan pengaruh masyarakat terhadap diri seseorang.

D. Komunikasi Antar Pesona

     Komunikasi Antar Pesona menurut Effendy adalah komunikasi antara seorang komunikator dengan komunikan. Jenis komunikasi tersebut dianggap paling effektif untuk merubah sikap, pendapat, atau perilaku manusia dalam berhubung prosesnya yang dialogis. Sifat dialogis itu ditunjukkan komunikasi lisan yang menampilkan arus balik secara langsung. Jadi Komunikator mengetahui tanggapan komunikan pada saat itu juga, komunikator mengetahui dengan  pasti apakah pesan-pesan yang dia kirim diterima dengan baik atau tidak, berdampak positif atau negatif. Jika tidak maka komunikator akan memberikan kesempatan komunikan seluas luasnya untuk bertanya.
   
Proses Komunikasi

A. Pengirim Pesan
        Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide  untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan   dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi yang akan disampaikan  atau diekspresikan  oleh pengirim pesan.  Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas.

B. Simbol/ Isyarat
        Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahami oleh  orang lain. 

C. Media/Penghubung
        Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar,  papan pengumuman, telepon dan lainnya.

D. Mengartikan Kode/Isyarat
        Setelah menerima pesan si penerima harus dapat memahami arti dari kode / pesan tersebut sehingga mudah untuk dimengerti.

E. Penerima Pesan
        Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan  dari sipengirim  meskipun dalam bentuk code/isyarat  tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim 

F. Balikan (feedback)
        Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi  kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting  bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat.

G. Gangguan
        Gangguan bukan merupakan bagian dari proses komunikasi  akan tetapi mempunyai pengaruh dalam  proses komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu kita  

0 komentar:

Poskan Komentar