Rabu, 05 November 2014

Telematika

1. Pengertian Telematika


Asal kata telematika adalah dari perancis perancis yaitu Telematique, yang berarti tentang sistem jaringan informasi dan teknologi. Telematika merupakan singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Yang berarti berupa gabungan dibidang computing dan komunikasi. Telematika berhubungan dengan kegiatan teknologi dan informasi yang sedang berkembang pesat. Telematika juga memiliki kata lain yaitu ICT atau Information and Communication Technology.

 
  2. Media yang digunakan dalam Telematika

      -    Handphone
      -    Internet
      -    Komputer
      -    Radio

  3. Perkembangan Telematika

     -     Sebelum internet
        

Diawali dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 yang kemudian terciptanya jaringan komunikasi kabel yang terjadi di Amerika. Seiring berjalannya waktu berkembang dengan adanya transmisi suara tanpa kabel pada periode tahun 1910-1920. Lalu muncul lagi siaran televise pada tahun 1940. Terakhir adanya pengoperasian komputer elektrik pertama dan transistor pada tahun 1947 dan 1947.

     -     Setelah Internet

Sekitar tahun 1969 ditemuan ARPANET (Advanced Research , sebuah jaringan militer pertama dari Amerika. Kemudian digunakan di Indonesia tepatnya di IndoNet sebagai ISP pertama pada tahun 1994. Setahun kemudian penggunaan HTTP sebagai akses ke luar negeri. Internet berfungsi sebagai media komunikasi jarak jauh. Kelebihan dengan menggunaan internet ialah kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi, selain itu bisa mengirim pesan berupa teks, gambar, maupun suara.

Sumber :

www.wikipedia.com
http://danifast31.blogspot.com/2014/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://verozzaranii.blogspot.com/2014/10/media-komunikasi-yang-digunakan-pada.html

0 komentar:

Poskan Komentar