Sabtu, 28 April 2012

Manusia Dan Keindahan


Manusia dan Keindahan

                                                       
           

            Keindahan bisa diibaratkan sebagai suatu ungkapan akan suka, mengagumi ataupun merasakan senang akan sesuatu yang ada didepannya. Baik itu berupa dua dimensi, tiga dimensi, ataupun berupa kontak fisik lainnya. Daya pandang akan keindahan bagi manusia itu tidak terbatas, dikarenakan perkembangan pengetahuan akan keindahan kian hari semakin kuat. Keindahan dan manusia tidak dapat dipisahkan begitu saja. Karena keindahan juga bagian dari dalam diri manusia.
            Tidak selamanya sesuatu yang dilihat oleh manusia itu indah, terkadang ada saja yang dipandang buruk oleh manusia. Bagi manusia itu suatu hal yang wajar karena selera setiap manusia itu berbeda beda akan  keindahan. Namun keindahan juga bisa bersifat universal, maksudnya keindahan tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan atau model.

Arti Keindahan
            Keindahan artinya bisa sebagai konsep abstrak dan bersifat semu, namun bisa dirasakan dan dinikmati. Cara menikmati akan keindahan apabila ada hubungan tertentu dengan suatu bentuk atau bisa disebut juga komunikasi antara manusia dengan objek. Keindahan itu hanyalah sebuah konsep, jika sudah mempunyai bentuk maka kita dapat menikmatinya. Contohnya : lukisan, musik, pemandangan, hasil karya, dan lain sebagainya.
Pengertian Keindahan menurut para ahli
# KOTTAK
seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis


# J.J HOGMAN
Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ideas, activities, dan artifacts


# KUNTJARANINGRAT
Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.


# WILLIAM A. HAVILAND
Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu


# IRVING STONE
Kesenian adalah kebutuhan pokok. Seperti  roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan

Nilai penting dalam keindahan
-         Nilai ekstrinsik yaitu nilai yang sifatnya sebagai alat atau membantu untuk sesuatu hal.
-          Nilai intrinsik yaitu sifat baik yang terkandung di dalam atau merupakan tujuan dari sifat baik tersebut

Teori yang mendukung keindahan
Teori estetika keindahan adalah Jean M. Filo dalam bukunya “Current Concepts of Art” dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :

1.      Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu subjektif adanya yakni karena manusianya menciptakan penilaian indah dan kurang indah dalam pikirannya sendiri. Barangkali pernah juga kita dengar pepatah “Des Gustibus Non Est Disputandum” selera keindahan tak bisa diperdebatkan.
2.      Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan objektif adanya, yakni karena keindahan itu merupakan nilai yang intrinsik ada pada suatu objek, artinya seekor kupu-kupu memang lebih indah dari pada seekor lalat hijau.
3.      Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu merupakan pertemuan antara yang subjektif dan yang objektif, artinya kualitas keindahan itu baru ada apabila terjadi pertemuan antara subjek manusia dan objek substansi. Ada tiga hal yang nyata ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu itu indah, apabila ada keutuhan (Integrity) ada keselarasan (Harmony) serta kejelasan (Clearity) pada objek tersebut. Ini biasanya disebut sebagai hukum keindahan.

0 komentar:

Posting Komentar