Minggu, 29 April 2012

Manusia dan Penderitaan


Manusia dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan
            Menurut sejarah, penderitaan berasal dari bahasa sansekerta “dhra" yang berarti menanggung sesuatu. Secara sepesifik berarti menanggung sesuatu yang tidak mengenakan atau menyenangkan. Biasanya timbul dikarenakan tekanan dari sesuatu, baik itu secara batin, mental, maupun secara fisik. Penderitaan bisa menyebabkan individu merasakan kesulitan, depresi, frustasi, bahkan sempat berpikir untuk bunuh diri.
            Terkadang untuk beberapa orang penderitaan adalah hal tepat yang bisa memotivasi diri sendiri untuk bangkit dari suatu keterpurukan atau kejatuhan. Misalkan saja ada orang yang sedang sakit yang tak kunjung sembuh pasti dia berpikir bahwa tak selamanya harus sakit. Justru dia berpikir bahwa sakit tersebut merupakan semacam ujian agar berusaha untuk sembuh. Akan tetapi penderitaan juga bisa menjadi hal yang paling buruk, namun itu tergantung dari setiap individu untuk menyingkapinya. Lagipula penderitaan itu juga termasuk risiko dalam hidup.

Bentuk- bentuk Penderitaan
·         Penderitaan Fisik
Ini adalah salah satu bentuk penderitaan yang berhubungan langsung dengan tubuh, entah itu berupa kekerasan, siksaan, karena penyakit, dll. Biasanya berupa rasa sakit yang sangat nyata bagi si penderita. Contohnya ketika kita dipukul dengan benda tumpul, otomatis kita akan merasakan hal berbeda dan otak kita merespon bahwa itu menyakitkan. Contoh lainnya :
-          Ketika sedang Sakit
-          Terserempet kendaraan
-          Terbentur benda keras
·         Penderitaan batin
Adalah suatu penderitaan yang menyerang dalam diri / psikologis seseorang namun bisa juga disebut dengan gangguan mental. Memang tidak nyata seperti penderitaan fisik, tetapi berefek terhadap mental. Bahkan berpengaruh untuk merubah emosi dan mood sang individu. Biasanya, disebabkan oleh orang yang mengalami :
-          Depresi
-          Frustasi
-          Stress
-          Dsb
Penyebab utamanya tak lain adalah mereka mempunyai masalah yang tak bisa diselesaikan seperti masalah pribadi, pekerjaan, jodoh, keluarga, keuangan dan sebagainya.
·         Siksaan
Merupakan penderitaan untuk menciptakan rasa sakit yang menyeluruh bagi individu, baik itu secara fisik maupun batin. Siksaan dapat berupa kekerasan, perusakan mental, cacian, hinaan, dsb dengan tujuan yang bermacam macam seperti balas dendam, diskriminasi, hukuman, atau paksaan. Cara ini biasanya paling efektif dalam menginterogasi seorang tahanan atau penjahat. Selain itu siksaan juga di gunakan sebagai memaksakan  untuk masuk organisasi tertentu ataupun agama.

Jadi, saya simpulkan penderitaan adalah perasaan manusia yang menanggung sesuatu yang tidak menyenangkan yang menyiksa fisik, mental, batin, maupun ketiganya. Tidak semua penderitaan itu buruk, kerena penderitaan juga bisa dijadikan motivasi untuk bangkit dan maju tergantung kita menghadapinya dengan cara positif ataupun negatif. Sangat berbahaya apabila kita menderita ketidakmampuan mental seperti depresi berat karena itu bisa menjurus kepada bunuh diri. Oleh karena itu mari kita selalu jaga kesehatan batiniah serta memperkuatnya agar tidak terjerumus dalam penderitaan yang buruk dan berkepanjangan.

0 komentar:

Poskan Komentar