Sabtu, 18 Mei 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

1. Faktor Faktor yang mempengaruhi Permintaan

* Harga Barang itu sendiri
   Jika Harga naik maka permintaan akan menurun, jika harga turun maka permintaan akan meningkat
* Harga Barang Pengganti
   Apabila harga barang pengganti lebih murah maka orang akan beralih kepada barang pengganti
    tersebut, sedangkan bila harga barang pengganti lebih tinggi maka orang akan ttap kepada barang semula.
* Harga Barang Komplementer
   Barang komplementer dapat pula mempengaruhi permintaan.contohnya mobil barang komplemennya
   adalah bensin, jika harga bensin naik maka permintaan akan mobil akan menurun, sebaliknya jika harga
   bensin turun permintaan akan mobil naik.
* Pendapatan
   Pendapatan juga sangat berpengaruh dalam permintaan. Misalkan saja jika kita mendapatkan pendapatan
   yang tinggi maka kemampuan beli kita akan ikut tinggi. Dan sebaliknya jika pendapatan kita rendah maka
   kemampuan beli kita juga akan rendah.
* Selera Konsumen
   Selera Konsumen akan barang dan jasa juga mempengaruhi permintaan. Semakin tinggi selera seseorang
   akan suatu barang/ jasa semakin besar pula tingkat permintaannya.

2. Faktor Faktor yang mempengaruhi penawaran

* Harga barang itu sendiri
   Jika harga naik maka penawaran akan naik, jika harga turun maka penawaran akan turun
* Harga Barang Pengganti
   Apabila harga pengganti lebih murah, keinginan untuk barang pengganti akan meningkat, sebaliknya
   jika harga barang pengganti lebih mahal maka keinginan untuk barang pengganti akan berkurang.
* Biaya Produksi
   Pengeruh biaya produksi dalam penawaran sangat besar, dikarenakan kemajuan iptek yang dapat
   mempermudah manusia untuk memproduksi barang dan jasa misalkan dengan menggunakan mesin
   modern. Namun, karena penggunaannya memakan biaya produksi yang banyak jadi biaya tersebut
   berpengaruh terhadap
* Harapan di Masa Depan
   Bila produsen memperkirakan kenaikan harga di masa yang akan dating, ia akan menawarkan lebih
   sedikit barang di saat ini. Demikian pula sebaliknya. 

0 komentar:

Posting Komentar